detikOto
 
 


Ford Ranger 'Tutup Usia'

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Senin, 19/12/2011 12:21 WIB

Minnesota -Mobil pikap kelas menengah Ford yakni Ranger, mengakhiri perjalanannya selama 3 dekade di dunia otomotif. Produsen mobil Ford menghentikan produksi mobil itu di Amerika Serikat.

Seperti dilansir situs resmi Ford, Ford menggelar acara peluncuran mobil Ranger terakhir di fasilitas produksi mereka di pabrik Twin Cities di St. Paul, Minnesota pada 16 Desember 2011 lalu.

Ranger terakhir ini diproduksi untuk perusahaan pembasmi serangga Orkin, yang selama ini sudah menjadi pelanggan setia Ford, dan kemungkinan juga merupakan salah satu pembeli perdana Ranger.

Ford sudah membuat sekitar 6 juta lebih Ranger sejak 1982. Hal ini seperti dilansir Foxnews membuat Ranger sebagai mobil paling sukses dalam 3 dekade terakhir. Pikap itu disenangi para pengusaha kelas menengah karena irit BBM.

Namun seiring penjualan yang makin menurun dari puncaknya tahun 1999 yang mencapai 350.000 menjadi hanya 50.000 unit dalam beberapa tahun terakhir, Ford memilih mengembangkan mobil komersil lainnya, yakni tiada lain F-150 dan mobil van Transit Connect.

Belum jelas bagaimana nasib Ranger di negara lain. Managing Director PT Ford Motor Indonesia Bagus Susanto ketika dimintai konfirmasinya soal ini belum membalas pesan singkat dan mengangkat telepon dari detikOto.

Tetapi sepertinya Ranger masih akan hidup di luar AS. Soalnya Ford baru saja merilis wajah terbaru Ranger di Thailand beberapa waktu lalu. Dan mobil itu akan segera diluncurkan ke Indonesia pada 2012 mendatang.

(ddn/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close