detikOto


Pakai BBG, Harga Mobil Naik Rp 15 Jutaan

Syubhan Akib - detikOto
Rabu, 18/01/2012 18:17 WIB

Tangki gas
Jakarta -Bila setiap mobil baru diharuskan menggunakan bahan bakar gas, maka kemungkinan besar harga mobil gas itu akan lebih mahal sekitar Rp 15 jutaan dibanding mobil bensin.

Sebab dana sebanyak itu diperlukan untuk mengaplikasi tangki gas dan converter kit ke mobil produksi baru.

"Harga sebenarnya sangat tergantung dengan kapasitas tangki. Ada tangki yang untuk jalan 100 km, ada yang untuk 300 km. Harga beda-beda tapi kisarannya sekitar Rp 15 juta," ujar Ketua I Gabungan Industri Kendaraan bermotor (Gaikindo) Jongkie D Sugiarto di Jakarta, Rabu (18/1/2012).

Namun begitu, setiap pabrik mobil yang ada di Indonesia harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan prinsipal asal mobil tersebut sehingga tidak bisa langsung dilakukan.

"Karena setiap merek harus konsultasi dengan prinsipalnya. Setiap prinsipal kan pasti akan merekomendasikan konverter-konverter terbaik yang mereka miliki. Jadi kita tidak bisa sepihak pilih konverter merek tertentu dari negara tertentu," paparnya.

"Konverter itu banyak yang bisa bikin. Dari Italia, Korea, Selandia Baru, Belanda, India. Tapi kan setiap produk pasti punya spesifikasi tertentu yang direkomendasikan," jelasnya.

Bila hal-hal itu sudah jelas, baru produsen-produsen mobil yang ada di Indonesia bisa mulai menghitung kebutuhannya. "Jadi tidak bisa langsung," pungkasnya.



(syu/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com