detikOto
 
 


Daihatsu Tidak Mau Jegal Toyota

Syubhan Akib - detikOto
Jumat, 02/03/2012 12:05 WIB

Jakarta -Meski memiliki potensi untuk merebut mahkota produsen terlaris di Indonesia dari tangan Toyota, Daihatsu ternyata tidak berniat melakukan hal tersebut. Alasannya, Toyota adalah 'kakak' mereka baik di Jepang maupun di Indonesia.

"Di Jepang sendiri Daihatsu masuk dalam keluarga besar Toyota, 51 persen saham Daihatsu dipegang Toyota. Jadi di Jepang maupun di luar Jepang kami akan terus berkolaborasi," ujar Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Sudirman MR.

Padahal, bila mau berhitung, Daihatsu sebenarnya mampu melawan dominasi Toyota bila mau. Sebab di Indonesia saja tulang punggung Toyota seperti Avanza dan Rush produksinya masih dibantu oleh pabrik Daihatsu.

"Kita anggap Toyota bukan saingan tapi rekan untuk berkolaborasi. Dan itu memang sudah sejak awal kita lakukan. Produksi Avanza-Xenia saja kita buat 2 banding 1," jelasnya.

Selain urusan saham tadi, Toyota pun menurut Daihatsu memiliki portofolio yang lebih banyak dari Daihatsu, sebab mereka juga memiliki merek kendaraan komersial seperti Hino dan mobil mewah seperti Lexus.

"Karena itu persentase market share Toyota bisa sampai 34,7 persen sementara kami baru 15,6 persen," tuntasnya.

(syu/ddn)
Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Must Read close