Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 21 Apr 2017, 14:55 WIB

'Aturan LCGC Sudah Lengkap'

Dina Rayanti - detikOto
Aturan LCGC Sudah Lengkap Foto: Niken Purnamasari
Tangerang - Aturan soal mobil Low Cost Green Car (LCGC) dinilai cukup lengkap. Setiap pabrikan yang menginginkan insentif dari program LCGC diantaranya diharuskan untuk menghasilkan mobil yang efisien bahan bakar dengan perbandingan 1:20, lokal konten, dan juga harus membangun pabrik di Indonesia.

"Menurut kita LCGC kan salah satu paket yang cukup lengkap gitu kan karena waktu LCGC diperkenalkan pemerintah tidak hanya menyaratkan harus bahan bakarnya saja yang bisa 1:20, tapi kasih syarat cukup berat, local konten harus 85 persen, harus bangun factory disini," ungkap Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM), Jonfis Fandy, di Tangerang.

"Jadi ada investasi ada pembukaan lapangan pekerjaan untuk improve industri dan pendapatan pemerintah nah itu paket yang cukup lengkap," sambung Jonfis.

Terkait aturan baru yang sedang digodok pemerintah soal mobil beremisi rendah (LCEV), Jonfis mengatakan sebaiknya beriringan dengan aturan LCGC yang sudah ada saat ini.

"Masalahnya sekarang kan planning jangan diganti gitu, kalau LCGC dicabut kan bingung orang gitu kan nanti kalau kita inves di LCEV ganti lagi gimana," jelas Jonfis.

Sebelumnya dikabarkan Program LCGC akan dihapus. Tapi, kabar itu tidak benar adanya. Seperti yang disampaikan Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto.

"Jadi kita tidak pernah menghapus, jadi yang ada kan memang spesial tarif, artinya kalau mobil lain ada biaya mobil mewah. Tapi tidak ada yang dihapus," kata Airlangga. (dry/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed