Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 21 April 2017, 15:17 WIB

Kepala Bengkel Wanita Ini Utamakan Komunikasi Pimpin Pegawai Pria

Alfiza Satrio - detikOto
Kepala Bengkel Wanita Ini Utamakan Komunikasi  Pimpin Pegawai Pria Foto: Alfiza Satrio
Cikarang - Jika mendengar kata pemimpin, yang timbul di benak kita biasanya adalah sosok seorang laki-laki yang gagah, tegas dan mampu berbuat adil. Sementara wanita, begitu jarang diidentikkan dengan sosok pemimpin. Namun hal ini jelas tidak berlaku bagi seorang Indah Yuliana, wanita yang kini menjabat sebagai seorang pimpinan bengkel di salah satu diler mobil Toyota, Auto 2000.

Wanita lulusan sarjana Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya ini sudah menjadi kepala bengkel sejak 2011 lalu. Kini di cabang Auto 2000 Cikarang, ia memimpin lebih dari 50 orang pegawai dan yang menarik, hampir sebagian besarnya adalah kaum pria.

"Disini ada 28 mekanik, 5 tim home service, 8 service advisor, 4 frontman, SP 3 orang , washing 3 orang, ada juga bagian support gudang, dan additional technician ada 15," papar Indah.

Meski begitu, Indah mengaku memiliki trik yang ia bisa lakukan untuk mempimpin para karyawan pria di ranah yang juga memang identik dengan sifat maskulin, yaitu bengkel mobil.

"Saya selalu punya cara berkomunikasi. Saya bilang kalau kita mempunyai kapasitas pekerjaan sendiri-sendiri. Saya menekankan bahwa kita punya porsi masing-masing. Saya katakan bahwa ada beberapa pekerjaan yang tidak tergantung gender," ucapnya.

Indah juga menambahkan bahwa baginya, yang paling penting adalah respect antara satu sama lain dalam tim. Ia mencoba menjelaskan pada para pegawai yang ia pimpin bahwa semua yang terlibat dalam pekerjaan memiliki skill tersendiri dan bisa sama-sama belajar antara satu dengan yang lain.

"Kalau saya disini memang lebih banyak manage. Jadi saya bilang ke mereka, kalau untuk customer, kalian bisa belajar dengan saya. Kalo masalah teknik, saya belajar dengan kalian. Kamu punya talent, saya juga punya talent, jadi sama-sama belajar. Disini saya coba menanamkan respect" ungkap Indah. (dry/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed