Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 09 Maret 2017, 16:06 WIB

Mobil Pedesaan

Mobil Desa, Siapapun Bisa Buat ya Buat!

M Luthfi Andika - detikOto
Mobil Desa, Siapapun Bisa Buat ya Buat! Mock up desain mobil desa Unnes. Foto: M Luthfi Andika
Denpasar - Kementerian Perindustrian kembali menegaskan soal keterbukaan mobil desa. Siapapun yang bisa membuatnya, dipersilakan untuk membuat mobil desa. Termasuk dari kalangan Agen Pemegang Merek (APM).

"Boleh APM ikut memproduksi mobil pedesaan? Kalau boleh atau tidak, repot kita nanti. Kita buat satu syarat, siapapun yang bisa buat, ya buat. Kita jangan buat aturan mengenai larangan-larangan, nanti kalau yang dilarang marah, repot kita," ujar Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) I Gusti Putu Suryawirawan di Denpasar, Bali, Kamis (9/3/2017).

Lalu bagaimana dengan homogolasi mobil pedesaan? Seperti biasanya, setiap mobil baru harus melalui tahapan homologasi untuk diuji coba sebelum dijual ke masyarakat. Namun untuk sampai ke proses ini, Putu mengatakan prosesnya masih panjang, karena mobil pedesaan saat ini masih berupa prototipe saja.

"Homogolasi, ya namanya kendaraan yang laik jalan, ya harusnya mereka boleh dong (jalan di jalanan-Red). Akan punya surat, tapi belum sampai kesana, ini masih prototipe sudah jauh banget mikirnya," ujar Putu.

"Kita ini masih ingin membuat prototipe di satu daerah mau seperti apa, butuhnya seperti apa, baru ditingkat itu. Artinya yang kita arahkan itu supaya kreativitas di pedesaan bisa tersalurkan. Sehingga mereka tidak harus mengarah ke kendaraan seperti grandong yang tidak layak jalan. Mereka bisa membuat kendaraan yang layak jalan, kita ditargetkan prototipe-nya jadi Agustus 2017," tutup Putu.



(lth/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed