Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 13 Maret 2017, 14:49 WIB

Fin Komodo Siap Suplai Komponen Mobil Pedesaan

M Luthfi Andika - detikOto
Fin Komodo Siap Suplai Komponen Mobil Pedesaan Foto: Kemenperin
Denpasar - Setelah prototipe kendaraan jadi, pertanyaan kedua adalah siapa yang akan menyuplai komponen agar kendaraan pedesaan benar-benar bisa digunakan di jalanan umum? Apakah produsen mobil nasional Fin Komodo yang akan menyuplai komponen itu?

Marketing Coordinator PT Fin Komodo Teknologi, Dewa Yuniardi mengatakan, hal ini tidak menutup kemungkinan.

"Ya kalau komponen kami diperlukan ya kami siap, tapi kalau kami diminta buat komponen sesuai dengan komponen mereka, yang bukan dari komponen Komodo, kami kan bukan di bisnis komponen," ujar Dewa di Denpasar, Bali.

Dewa menjelaskan langkah memilih untuk komponen yang sudah ada saat baru memulai merupakan langkah yang tepat.

"Di awal biasanya mereka (kendaraan pedesaan-Red) memilih komponen yang sudah ada, seperti yang kita alami di awal, kita membuat mock up, prototipe, tidak mungkin semua komponen kita buat. Kita cari komponen yang sudah ada di pasaran, dan hak patennya sudah kedarluwarsa, ini awalnya dan ini strategi kita perkenalkan, habis itu kita pasarkan," kata Dewa.

"Ya langkahnya seperti itu, baru setelah itu mobil jadi dipasarkan ada yang beli sudah ada yang muter (keuangan-Red), baru kita berpikir investasi pada komponen. Atau paling tidak, membuat desain komponen sendiri buat vendor, jumlahnya sekian vendor mau tidak. Barulah industri komponen ini terbentuk," tambahnya. (lth/rgr)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed