Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 20 Apr 2017, 18:49 WIB

Berapa Kali Mobil Ferrari Harus Diservis?

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Berapa Kali Mobil Ferrari Harus Diservis? Foto: Rois Jajeli
Tangerang - Seperti halnya kendaraan lain yang butuh diservis, Ferrari juga punya perawatan rutin. Lalu bagaimana bentuk perawatan rutin Ferrari?

"Kalau untuk perawatan rutin, kita melakukannya 1 tahun sekali, atau 10.000 km. Tapi rata-rata tidak sampai 10.000 km, jadi rata-rata orang 1 tahun sekali lakukan annual service," ujar Aftersales Manager Ferrari Indonesia, Aschab Noor, kepada wartawan, di ICE BSD, Tangerang, Kamis (20/4/2017).

Untuk kategori perawatan atau service ringan, dirinya menjelaskan, konsumen diberikan service gratis hingga tujuh tahun, serta garansi tiga tahun.

"Tetapi garansi tersebut bisa diperpanjang sampai tahun ke lima, dan bisa diberikan garansi lagi sampai tahun ke 12," ucap Aschab.

Namun untuk mendapatkan penambahan garansi tersebut ada syarat dan ketentuan yang berlaku yaitu mobil tidak dimodifikasi dan rajin melakukan service rutin 1 tahun.

Untuk mobil yang sudah tidak memakai komponen asli dari Ferrari, dikatakan Aschab juga dapat menggugurkan garansi.

"Itu saja yang paling utama. Untuk batasan modifikasi misalnya, yang tidak menggunakan barang atau aksesoris yang bukan dari Ferrari, itu yang dianggap tidak standar, nah itu yang menggugurkan garansi juga," katanya.

Lebih lanjut Aschab menjelaskan penggunaan komponen yang sudah tidak standar atau sudah dimodifikasi mencakup seluruh komponen, tanpa terkecuali.

"Jadi sampai misalnya pelek, itu sudah tidak boleh, knalpot juga, harus menggunakan yang produk dari development Ferrari. Karena ini sangat berbahaya jika tidak melalui research & development dari Ferrari, bisa membahayakan kendaraan itu sendiri saat dikendarai," tuturnya.

Untuk perhitungan berapa mobil dalam sehari yang melakukan servis rutin sendiri, dirinya mengatakan, rata-rata satu hingga tiga mobil dalam sehari melakukan service.

"Aftersales Ferrari di Indonesia masih berjalan normal sampai saat ini, untuk pekerjan service rutin, warranty, semua yang masih ada warranty-nya masih kita kerjakan. Kurang lebih tiga unit per hari," pungkas Aschab.


(khi/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed