Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 21 Apr 2017, 07:24 WIB

Ini Taksiran Biaya Servis Ferrari

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Ini Taksiran Biaya Servis Ferrari Foto: Angling Adhitya Purbaya
Jakarta - Sebagai sebuah merek eksklusif, perawatan mobil sport Ferrari juga eksklusif. Kira-kira berapa biaya perawatan dari mobil berlambang kuda jingkrak tersebut?

"Kalau untuk biaya warranty setelah tiga tahun untuk 8 silinder kisarannya dari Rp 80- Rp 100 juta pertahun," ujar Aftersales Manager Ferrari Indonesia, Aschab Noor di Tangerang.

Namun biaya tersebut dikatakan Aschab akan berkurang, jika memasuki perawatan di tahun berikutnya. Sedangkan untuk garansi gratis, untuk tahun-tahun selanjutnya hanya dikurangi bagian yang diservis.

"Semakin lama semakin murah. Tetapi item-nya yang dikurangi, misalnya mulai tahun ke 6 yang hanya bisa di garansi hanya mesin dan gearbox-nya, kemudian semakin lama semakin dikurangi, kategorinya seperti itu," tuturnya.

Tapi untuk garansi dari tahun pertama hingga tahun ke tiga akan mendapatkan garansi keseluruhan. Memasuki tahun ke empat dan ke lima dapat diperpanjang seperti yang dijelaskan sebelumnya oleh Aschab.

"Nah tahun ke 6 ke atas, itu sudah berkurang, mungkin hanya misalnya mesin dan gearbox. Jadi kita memang dari Ferrari menerapkan bahwa 7 tahun untuk service gratis, Jadi dia beli mobil tinggal pakai, dan garansi 3 tahun service gratis sampai 7 tahun," tuturnya.

Sedangkan untuk waktu pengerjaannya lebih lanjut Aschab menjelaskan, membutuhkan waktu sekitar satu hingga dua hari.

"Rata-rata dua hari. mencakup ganti oli, minyak rem, dan lain-lain yang memang sudah waktunya diganti, kaya belt, fanbelt gitu, filter-filter kita ganti," ujarnya.

Karena sifatnya yang eksklusif tadi, ukuran bengkel atau workshopnya pun tidak terlalu besar. "Di Jakarta kita ada 8 bay, yang di Surabaya kita ada 3 bay," ujarnya.

Meski tidak sebesar merek mobil lain, untuk pelayanan purnajual dari Ferrari, ditangani oleh ahli yang memang sudah terlatih. "Semua penanganannya ditangani oleh tenaga ahli yang dididik dari Ferrari Academy di Italia," tuturnya.

Lebih lanjut Aschab mengatakan eksklusif yang dimaksud adalah mencakup alat-alat dan lainnya sesuai dengan standar dari Ferrari pusat.

"Semua perabotan dan tools, semua itu sesuai coorporate identity, berdasarkan permintaan dari Ferrari. Jadi ada standarnya, sampai ke lantainya pun, tempat-tempat alat semuanya sudah ditentukan oleh Ferrari," pungkasnya.


(khi/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed