Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 21 Apr 2017, 10:16 WIB

Ambulans Mini untuk Warga Makassar

Muhammad Nur Abdurrahman - detikOto
Ambulans Mini untuk Warga Makassar Foto: M Nur Abdurrahman
Makassar - Hingga saat ini, pelayanan kesehatan masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah, khususnya pemerintah daerah. Namun, faktanya hambatan dan tantangan semakin berkembang. Untuk itu, inovasi harus terus dilahirkan untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan prima bagi masyarakat.

Di Makassar, sudah mulai diterapkan inovasi pelayanan kesehatan dengan metode Home Care, dengan menggunakan mobil ambulans mini dari Suzuki Karimun Wagon R yang didesain khusus dengan ukuran yang cenderung mungil agar dapat masuk ke lorong-lorong pemukiman warga.

Mobil ambulans mini Dottorotta dilengkapi berbagai fasilitas, diantaranya tabung oksigen, alat deteksi detak jantung atau EKG, nebulizer, dan lainnya. Program ini didukung smart card yang merekam biodata dan riwayat medis setiap pasien. Dengan dukungan sistem informasi yang terpadu, pelayanan kesehatan tidak akan lagi direpotkan dengan berbagai persoalan administratif sehingga tenaga kesehatan dapat berfokus pada pelayanan dan penanganan medis.

Home Care dapat diakses oleh seluruh masyarakat tanpa terkecuali, terutama masyarakat yang tidak mampu secara ekonomi, untuk menerima pelayanan kesehatan di rumah.

Dengan tetap berada di rumah, pasien beserta pendampingnya tidak perlu mengeluarkan biaya lain yang biasanya dibutuhkan untuk dapat mengakses pelayanan, misalnya biaya transportasi ke fasilitas kesehatan.

Pelayanan kesehatan ini memprioritaskan pasien dengan kondisi yang tidak memungkinkan, seperti tidak bisa bangun, lansia, pasien pascaoperasi atau kemoterapi, dan sebagainya.

Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto pada detikOto, Jumat (21/4/2017), menyatakan, kehadiran inovasi ini semakin efektif mengurangi beban pelayanan di Puskesmas atau rumah sakit. Dengan begitu, fasilitas kesehatan (Puskesmas dan rumah sakit) difokuskan untuk melaksanakan pelayanan kesehatan yang berat seperti penanganan kedaruratan medis, bedah, rawat inap, dan lain sebagainya.

"Pemerintah Kota Makassar menyediakan 48 unit mobil Home Care yang kami sebut sebagai ambulance Dottorotta' atau dalam bahasa Makassar berarti Dokter Kita, untuk beroperasi ke lorong-lorong warga," ungkapnya.

Untuk dapat menikmati pelayanan ini, masyarakat hanya perlu menghubungi hotline atau call center dengan nomor 112, kemudian tim reaksi cepat akan mendatangi rumah pasien sesuai dengan kondisi pasien masing-masing. Setelah melaksanakan pemeriksaan, tim reaksi cepat tersebut akan memutuskan penangan apa yang diperlukan. Pasien mungkin akan ditangani di tempat (rumah pasien) atau dirujuk ke Puskesmas dan rumah sakit tertentu.

Inovasi layanan ambulans mini Dottorotta ini mengantarkan Pemerintah Kota Makassar sebagai penerima penghargaan TOP 35 Inovasi Pelayanan Publik 2016 yang diserahkan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Selain mendesain mobil Ambulans Mini Dottorotta, Wali Kota Danny juga tengah mempersiapkan mobil angkot Smart, atau disebut Pete-pete Smart, yang didesain khusus untuk kenyamanan penumpang dengan disertai pendingin udara dan koneksi Wi-Fi. (mna/dry)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed